jannahraudatul

assalamu’alaikuum,,,,

Karena say asangat tergila – gila pada jepang, maka saya pengen ngepost rahasia di balik kemajuan mereka,,,

cek this out…

semoga bisa diambil pelajaran dari postingan ini.

  1. KERJA KERAS  Sudah menjadi rahasia umum bahwa bangsa Jepang adalah pekerja keras. Rata-rata jam kerja pegawai di Jepang adalah 2450 jam/tahun, sangat tinggi dibandingkan dengan Amerika(1957 jam/tahun), Inggris (1911 jam/tahun), Jerman (1870 jam/tahun), dan Perancis (1680jam/tahun). Seorang pegawai di Jepang bisa menghasilkan sebuah mobil dalam 9 hari, sedangkan pegawai di negara lain memerlukan 47 hari untuk membuat mobil yang bernilai sama. Seorang pekerja Jepang boleh dikatakan bisa melakukan pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh 5-6 orang. Pulang cepatadalah sesuatu yang boleh dikatakan “agak memalukan” di Jepang, dan menandakan bahwa pegawai tersebut termasuk “yang tidak dibutuhkan” oleh perusahaan.  

2. MALU  Malu adalah budaya leluhur dan turun temurun bangsa Jepang. Harakiri (bunuh diri dengan menusukkan pisau ke perut) menjadi ritual sejak era samurai, yaitu ketika mereka kalah dan pertempuran. Masuk ke dunia modern, wacananya sedikit berubah ke fenomena “mengundurkan diri” bagi para pejabat(menteri, politikus, dsb) yang terlibat masalah korupsi atau merasa gagalmenjalankan tugasnya. Efek negatifnya mungkin adalah anak-anak SD, SMP yang kadang bunuh diri, karena nilainya jelekatau tidak naik kelas. Karena malu jugalah, orang Jepang lebih senangmemilih jalan memutar daripada mengganggu pengemudi di belakangnya dengan memotong jalur ditengah jalan. Mereka malu terhadap lingkungannya apabila mereka melanggar peraturan ataupun normayang sudah menjadi kesepakatan umum.

  3. HIDUP HEMAT  Orang Jepang memiliki semangat hidup hemat dalam keseharian. Sikap antikonsumerisme berlebihan ini nampak dalam berbagai bidang kehidupan. Di masa awal mulai kehidupan di Jepang, saya sempatterheran-heran dengan banyaknya orang Jepang ramai belanja di supermarketpada sekitar jam 19:30.Selidik punya selidik, ternyata sudah menjadi hal yang biasa bahwasupermarket di Jepang akan memotong harga sampai separuhnya pada waktu sekitar setengah jam sebelumtutup. Seperti diketahui bahwa Supermarket di Jepang rata-rata tutup pada pukul 20:00.

 4. LOYALITAS  Loyalitas membuat sistem karir di sebuah perusahaan berjalan dan tertatadengan rapi. Sedikit berbeda dengan sistem di Amerika dan Eropa, sangat jarang orang Jepang yang berpindah-pindahpekerjaan. Mereka biasanya bertahan di satu atau dua perusahaan sampaipensiun. Ini mungkin implikasi dari Industri di Jepang yang kebanyakan hanya mau menerima fresh graduate, yang kemudian mereka latih dan didik sendiri sesuai dengan bidang garapan (corebusiness) perusahaan.  

5. INOVASI  Jepang bukan bangsa penemu, tapi orang Jepang mempunyai kelebihan dalammeracik temuan orang dan kemudian memasarkannya dalam bentuk yang diminati oleh masyarakat. Menarik membaca kisah Akio Morita yang mengembangkan Sony Walkman yang melegenda itu. Cassete Tape tidak ditemukan oleh Sony,patennya dimiliki oleh perusahaan Phillip Electronics. Tapi yang berhasilmengembangkan dan membundling model portable sebagai sebuah produk yang booming selama puluhan tahun adalah AkioMorita, founder dan CEO Sony pada masa itu. Sampai tahun 1995, tercatatlebih dari 300 model walkman lahir dan jumlah total produksi mencapai 150 juta produk. Teknik perakitan kendaraan rodaempat juga bukan diciptakan orang Jepang, patennya dimiliki orang Amerika.Tapi ternyata Jepang dengan inovasinya bisa mengembangkan industri perakitan kendaraan yang lebih cepat dan murah.

  6. PANTANG MENYERAH  Sejarah membuktikan bahwa Jepang termasuk bangsa yang tahan banting danpantang menyerah. Puluhan tahun dibawah kekaisaran Tokugawa yang menutup semua akses ke luar negeri, Jepang sangat tertinggal dalam teknologi. Ketika restorasi Meiji (meiji ishin) datang,bangsa Jepang cepat beradaptasi dan menjadi fast-learner. Kemiskinan sumber daya alam juga tidak membuat Jepangmenyerah. Tidak hanya menjadi pengimpor minyak bumi, batubara, biji besidan kayu, bahkan 85% sumber energi Jepang berasal dari negara lain termasuk Indonesia.   Kabarnya kalau Indonesia menghentikan pasokan minyak bumi, maka 30% wilayah Jepang akan gelap gulita. Rentetan bencanaterjadi di tahun 1945, dimulai dari bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, disusul dengan kalah perangnya Jepang, dan ditambahi dengan adanya gempa bumi besar di Tokyo. Ternyata Jepang tidakhabis. Dalam beberapa tahun berikutnya Jepang sudah berhasil membangunindustri otomotif danbahkan juga kereta cepat (shinkansen) . Mungkin cukup menakjubkanbagaimana Matsushita Konosuke yang usahanya hancur dan hampir tersingkir dari bisnis peralatan elektronik di tahun 1945 masihmampu merangkak, mulai dari nol untuk membangun industri sehingga menjadikerajaan bisnis di era kekinian. Akio Morita juga awalnya menjadi tertawaan orang ketika menawarkan produk CasseteTapenya yang mungil ke berbagai negara lain. Tapi akhirnya melegenda dengan Sony Walkman-nya. Yang juga cukup unik bahwa ilmu dan teori dimana orang harus belajar dari kegagalan ini mulai diformulasikan di Jepang dengan nama shippaigaku (ilmu kegagalan).  

7. BUDAYA BACA  Jangan kaget kalau anda datang ke Jepang dan masuk ke densha (kereta listrik), sebagian besar penumpangnya baik anak-anak maupun dewasa sedang membaca buku atau koran.Tidak peduli duduk atau berdiri, banyak yang memanfaatkan waktu di densha untuk membaca. Banyakpenerbit yang mulai membuat man-ga (komik bergambar) untuk materi-materi kurikulum sekolah baik SD, SMP maupun SMA.Pelajaran Sejarah, Biologi, Bahasa, dsb disajikan dengan menarik yangmembuat minat baca masyarakat semakin tinggi. Saya pernah membahas masalah komik pendidikan di blog ini. Budaya baca orang Jepang juga didukung oleh kecepatan dalam proses penerjemahanbuku-buku asing (bahasa inggris, perancis, jerman, dsb). Konon kabarnya legenda penerjemahanbuku-buku asing sudah dimulai pada tahun 1684, seiring dibangunnya institut penerjemahan dan terus berkembang sampai jaman modern. Biasanya terjemahan buku bahasa Jepang sudah tersedia dalam beberapa minggu sejak buku asingnya diterbitkan.

  8. KERJASAMA KELOMPOK  Budaya di Jepang tidak terlalu mengakomodasi kerja-kerja yang terlalubersifat individualistik.Termasuk klaim hasil pekerjaan, biasanya ditujukan untuk tim atau kelompoktersebut. Fenomena ini tidak hanya di dunia kerja, kondisi kampus dengan lab penelitiannya jugaseperti itu, mengerjakantugas mata kuliah biasanya juga dalam bentuk kelompok. Kerja dalamkelompok mungkin salah satukekuatan terbesar orang Jepang. Ada anekdot bahwa “1 orang professorJepang akan kalah dengan satuorang professor Amerika, hanya 10 orang professor Amerika tidak akan bisamengalahkan 10 orangprofessor Jepang yang berkelompok” . Musyawarah mufakat atau sering disebutdengan “rin-gi” adalah ritual dalam kelompok. Keputusan strategis harus dibicarakan dalam”rin-gi”.

  9. MANDIRI  Sejak usia dini anak-anak dilatih untuk mandiri. Irsyad, anak saya yangpaling gede sempatmerasakan masuk TK (Yochien) di Jepang. Dia harus membawa 3 tas besarberisi pakaian ganti, bento(bungkusan makan siang), sepatu ganti, buku-buku, handuk dan sebotol besarminuman yangmenggantung di lehernya. Di Yochien setiap anak dilatih untuk membawaperlengkapan sendiri, danbertanggung jawab terhadap barang miliknya sendiri. Lepas SMA dan masukbangku kuliah hampirsebagian besar tidak meminta biaya kepada orang tua. Teman-temenseangkatan saya dulu di SaitamaUniversity mengandalkan kerja part time untuk biaya sekolah dan kehidupansehari-hari. Kalaupunkehabisan uang, mereka “meminjam” uang ke orang tua yang itu nanti merekakembalikan di bulan berikutnya.

  10. JAGA TRADISI  Perkembangan teknologi dan ekonomi, tidak membuat bangsa Jepang kehilangantradisi dan budayanya. Budaya perempuan yang sudah menikah untuk tidak bekerja masih ada danhidup sampai saat ini.Budaya minta maaf masih menjadi reflek orang Jepang. Kalau suatu hari andanaik sepeda di Jepangdan menabrak pejalan kaki , maka jangan kaget kalau yang kita tabrak malahyang minta maaf duluan. Sampai saat ini orang Jepang relatif menghindari berkata “tidak” untuk apabila mendapat tawaran dari orang lain. Jadi kita harus hati-hati dalam pergaulan dengan orangJepang karena “hai” belum tentu “ya” bagi orang Jepang.  Persaingan keras karena masuknya beras Thailand dan Amerika yang murah,tidak menyurutkan langkah pemerintah Jepang untuk melindungi para petaninya. Kabarnya tanah yangdijadikan lahan pertanian mendapatkan pengurangan pajak yang signifikan, termasuk beberapa insentiflain untuk orang-orang yang masih bertahan di dunia pertanian. Pertanian Jepang merupakan salahsatu yang tertinggi di dunia.Mungkin seperti itu 10 resep sukses yang bisa saya rangkumkan. BangsaIndonesia punya hampir semua resep orang Jepang diatas, hanya mungkin kita belum mengasahnya dengan baik. Di Jepang mahasiswa Indonesia termasuk yang unggul dan bahkan mengalahkan mahasiswa Jepang. Orang Indonesia juga memenangkan berbagai award berlevel internasional. Saya yakin ada faktor “non-teknis” yang membuatIndonesia agak terpuruk dalam teknologi dan ekonomi. Mari kita bersama mencari solusi untukberbagai permasalahan republik ini. Dan terakhir kita harus tetap mau belajar dan menerima kebaikan dari siapapun juga.

 

ganbatte ya teman – teman..

kita juga pasti bisa seperti mereka,,, ^^

Image

Lelah rasanya hati ini menanti pujaan hati yang tak kunjung datang. Rasanya ingin sekali aku yang menjemputmu agar aku tak perlu menunggu kedatanganmu yang tak tau kapan, namun apa daya aku adalah seorang wanita, wanita yang selalu menundukkan wajah apabila bertatap muka denganmu. Ingin rasanya kisah cintaku semanis kisah cinta di drama-drama korea, tapiiii……….kisah cinta di drama-drama korea yang aku tonton nggak semuanya manis. Hmmmmmm…..contohnya saja kisah cinta Oh Hanydan Baek Sung Jodi drama Naughty Kiss, waduuh sakit banget jadi Oh Hany lebih sakit dari keadaanku sekarang, lalu kisah cintanya Song Yi Kyung dan Yi Soo si malaikat maut di 49 days malah makin parah lagi, cinta mereka harus dipisahkan oleh kematian, huuuh..!! Harusnya aku bersyukur tak memiliki kisah cinta yang begitu menyakitkan sehingga membuat aku menjadi orang yang stress yang selalu diperdaya dan diperbudak oleh yang namanya CINTA.

***

Pendamping hidupku dimana kamu??? Siapakah kamu??? Kamu dari mana??? Anaknya siapa??? Kamu cakep nggak??? Kamu ……kapaaan dateeeng???!! Waduuuhhhhhh………..dasar deh orang stress. Tuhan tolong kasih tau hambamu ini siapakah namja yang kelak kan jadi pasangan hidupku.ough,,,,!!! Tapi Tuhan…nggak usah kasih tau deh biar jadi suprise buat ku. Aku mau berandai-andai dulu, mau membandingkan,mau milih-milih and mencocokan semua tipe-tipeku, bolehkan Tuhan..???

Pertama, seandainya pasangan hidupku itu Kim Hyun Joong(oh…aamiin…^^V), lahir tahun 6 juni 1986 (nggak jauh amat beda 5 tahun dengan aku @,@ ), tinggi 183 cm(waduuu…), cakep(g usah ditanya lagi….), aktor sekaligus penyanyi, dari segi fisik perfect banget tapi dari segi agama aku nggak seagama sama dia (aaissh….T.T), klo nggak seagama, gimana mau imamin aku sholat ntar… Disamping nggak seiman dia itu kisser sejati (oh noooo!), liat aja di drama-drama yang dia bintangin (BBF and Naughty Kiss). Dengan beraaat hati Kim Hyun Joong gagal jadi pasangan hidupku. Bye bye oppa…T.T

Kedua, seandainya pasangan hidupku itu Lee Hyuk JaeakaEunhyuk SUJU(tuing-tuing ^^) ,lahir 4 april 1986, tinggi 176 cm, ganteng + cantik (looh?), machine dancingnya SuJu, jago ngrap, pembersih banget, lucu, nggak suka minum-minum, piii g seiman lagi…(hadeeh…!). Disamping itu katanya Hyukppa orangnya suka nyimpen foto-foto yang XXX (g boleh disebut) dan katanya lagi foto-foto begituan itu (eiits g boleh dibayangin) banyak banget di laptopnya. Mau buktinya? Nonton aja Suju Clean House. Hmmmm…..sehingga keputusan akhirnya hyukppa harus angkat koper dari daftar calon pendamping hidupku… annyeong oppa choisipseo T.T

Ketiga, jeng jeng…siapakah orang yang bruntung kali ini, yang katanya akan menjadi penampingku,,,, kita tampilkan inilah diaaa Kim Joong Woon aka Yesung Suju!!!. Yuks mari kita liat latar belakang oppa yang satu ini, cekiidoot… Lahir tanggal 24 agustus 1984, tinggi 178 cm, suaranya bagus ( sangat – sangat bagus), oppa juga personilnya Suju KRY, oppa sendiri di panggil yesung karena yesung itu artinya Art Of Voice, buktinya udah jelas kalau suara oppa itu bagus banget. Aku tu terpesona banget pas liat oppa bareng suju tampil di Music Bank tanggal 24/12/2011, waktu itu mereka lagi nyanyiin lagu superman, waduh super banget deh penampilan mereka waktu itu terlebih lagi Yeppa (ohh….jeoungmal jeoungmal boshita ^^). Tapi sayang disamping soal kepercayaan lagi yang berlainan (aa sireo…T.T) katanya yeppa masih sayang sama mantannya yang dulu yaitu eoni yong soo young, emang sih eoni ini cute banget dan nggak salah kalau Yeppa masih sayang sama dia , tau nggak kalau kalung salib yang sering dipakai Yeppa dilagu Sorry Sorry, ternyata itu pemberian sang mantan (ough aku cemburuu!), karena oppa udah milih sang mantan dari pada aku, yah dengan hati yang teriris terpaksa aku melepasmu oppa. Semoga oppa bisa balik sama eoni dan hidup bahagia (nangis darah T.T).

Keempat, pastinya semua cewek bakalan teriak-teriak kalau denger nama oppa yang satu ini. Siapa dia??? Sebelum kita intip siapa oppa ini,aku mau nyanyin salah satu lagu yang pasti kalian langsung bisa tebak siapa oppa ini. Yeaah let’s sing together this song!

Oetoriya oetoriya darididaraduuu~~

Oetoriya oetoriya darididaraduuu~~

Oetoriya oetoriya sarange seulpeohago sarange nunmuljitneun oetori~

Sad sad sad sad sad sad tonight gaseumi appa

Oh No no no no no no body  knows mam molla

One two three four five six seven night

Sun malheun bameul seumyeo nareul dallaego isseo.

Naaahhh udah taukan sekarang..? yuupss ini dia oppa yang paling aku sayang, yaitu Jung Yong Hwa. Lahir  22 juni 1989, tinggi 180 cm, vocalis + raper + gitaris+ leader dari grup band CN. BLUE (nomu nomu nomu joae oppa, boshita bangeeet ^^), aktor (you are beautiful and heartstrings), suaranya bagus (banget),cakep (so pasti), hmmmmmmmmm tapiiiiiiii kita lain agama oppaa (huuuh…semoga oppa kelak mau masuk agamaku ya…hehe..aamiin….^^), disamping itu juga katanya paling nggak suka sama pelajaran Matematika (itu kan jurusan aku di kampus oppa T.T), tapi tenang entar aku ajarin oppa deh ^^, oppa paling suka sama pelajaran bahasa inggris ( naah..ajarin aku ya oppa ,,itukan pelajaran yang paling aku nggak seneng, jadinya impas deh kita saling ajar pelajaran yang kita seneng), kata oppa tipe ceweknya itu yang tingginya sampai bahunya dia (kalau 156 cm smpe bahunya oppa kan? ^^ asyiiik masuk kriteria niih ). Tapi walaupun oppa nggak seagama sama aku, aku akan tetap menunggumu sampai oppa mau masuk agamaku (maksa banget deeh..!), tapi kalau nanti oppa nggak mau yaah terpaksa oppa harus aku lepasin walaupun sayaang banget itu harus terjadi….bye bye oppa, save your healthy n always gwenchana.

Yang selanjutnya adalaaaaaah……jreeeng….!

Yah udah habis nih stok namjanya … yah gimana dong? Aku kan belum menemukan siapa pendamping hidupku kelak (andwe….hiks hiks ). Hmmmmm mungkin Tuhan belum memberikan kesempatan buatku sekarang, mungkin besok langsung dapet tanpa harus memilih dan dia itu langsung tepat sasaran sesuai idaman aku…semoga ya Tuuhaaannn…( aamiin.. ) !!!

***

            Yaah udah jauh – jauh berkelana ke Korea buat ngelirik namja – namja yang nomu jeoungmal boshita sangat itu namun kondisi berkata lain. Mungkin jodohku bukan berasal dari sana, dan mungkin Tuhan berkata “ngapain cari jauh – jauh sampai ke Korea segala, emang yang deket nggak masuk kriteria mu ya?”, heehee mungkin benar juga ya ngapain aku menghayal jauh – jauh buat mencarinya, siapa tau aja ternyata jodohku itu adalah orang ada di dekat aku dan yang akan menjawab semua pertanyaan ku selama ini, dan dengan membawa sekuntum bunga mawar merah yang disandingkan dengan senyum manisnya dia berkata “ Kau tidak perlu mencari ku lagi ,I’m here for you”.

 

Da info bagus ni dari negara super canggih Jepang….
yuks kita simak>>>

1.Komputer Super dari Jepang

Belum genap setahun dilanda gempa dan tsunami, Jepang ternyata tidak redup dalam soal teknologi. Baru-baru ini, perusahaan raksasa komputer yang bergerak dalam pengendalian cuaca RIKEN Advance Institut Komputasi Sains di Kobe, Jepang, memperkenalkan komputer tercepat di dunia.

Komputer buatan Jepang itu diberi nama komputer super K yang dibangun Fujitsu. Kecepatan mesin tersebut setara dengan satu juta komputer desktop. Rekor sebelumnya dipegang Cina selama enam bulan. Fujitsu dan kepala RIKEN mengatakan bahwa proyek itu telah menyelesaikan masalah gempa bumi dan tsunami pada 11 Maret silam.

Komputer super itu memiliki kekuatan tiga kali lipat dari pemegang gelar sebelumnya dan mampu melakukan perhitungan delapan kuadrilliun setiap detik. Satu kuadriliun adalah bilangan 1 yang diikuti 15 nol dan dalam jargon komputer kecepatannya itu dikenal dengan sebutan 8,2 petaflops.

Mesin tercepat sebelumnya adalah komputer Cina Tianhe-1A, yang kecepatannya 2,507 petaflops. Komputer itu menegaskan pertumbuhan teknologi dan kekuatan ekonomi Cina–negara yang sedang tumbuh cepat.

Tianhe-1A membuat Cina untuk kali pertama menduduki daftar mesin komputer tercepat di dunia menyingkirkan Amerika Serikat (AS), yang memiliki empat dari sepuluh komputer super ternama. Hal itu juga diakui para ahli yang mengatakan pengembangan mesin K lebih cepat dari lima pesaingnya yang digabungkan.

Ada lima komputer super di AS yang berada di 10 peringkat teratas, termasuk di urutan ketiga sistem Jaguar di Oak Ridge National Laboratory di Oak Ridge, Tennessee. Komputer lain dalam sepuluh besar yaitu dua mesin dari China, dua mesin dari Jepang dan satu dari Prancis, demikian Daily Mail.

“Mesin ini sangat mengesankan dan lebih kuat dari komputer lain,” kata Jack Dongarra yang meliris daftar komputer super terbaik dunia selama enam bulan sekali.

Peringkatan kecepatan ini berdasarkan standar persamaan matematika. Pembuatan komputer K Jepang menelan biaya US$ 1,2 miliar. Komputer itu terdiri dari 672 kabinet yang terdiri dari papan sirkuit dengan 70 ribu prosesor. Sebuah komputer atau laptop biasanya hanya menggunakan satu prosesor.

Dengan jumlah prosesor dan papan sirkuit sebanyak itu, komputer K menghabiskan energi yang cukup untuk menyalakan listrik 10.000 rumah. Namun begitu, penciptanya mengklaim mesin itu hemat energi.Mesin itu memakan biaya 6 juta poundsterling selama setahun.

“Penggunaan komputer K diharap berdampak inovatif dalam bidang penelitian iklim global, meteorologi, pencegahan bencana, dan obat-obatan, sehingga menciptakan masyarakat yang sejahtera dan aman,” kata juru bicara RIKEN.(Ant/SHA)

2. Sakit, Astronot Jepang Nge-tweet dari Luar Angkasa

Tokyo: Astronot asal Jepang Satoshi Furukawa mengungkapkan keadaan sakit dirinya dalam sebuah pesan tweet pertama melalui situs jejaring Twitter miliknya saat berada di luar angkasa. Ia menuliskan bahwa dirinya mengalami mabuk udara saat di dalam pesawat di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Seperti dilansir NHK, Rabu (16/6), Furukawa dan dua astronot lainnya tiba di stasiun tersebut pada Jumat pekan silam. Mereka diangkut dengan pesawat ruang angkasa Rusia Soyuz yang meluncur sejak 8 Juni silam. Kemudian, Furukawa mem-posting pesannya melalui Twitter dari stasiun tersebut pada Selasa waktu Jepang.

Dia menuliskan: “Pergerakan luar angkasa membuat saya mabuk. Terutama ketika saya menggerakkan kepala saya secara tiba-tiba. Saya benar-benar merasa sakit. Kepala saya terasa berat. Tolong!”

Furukawa, yang merupakan dokter medis, juga mengatakan gejala tersebut tidak menimbulkan masalah. Soalnya sekitar dua pertiga dari pengalaman terbang pertama ke luar angkasa hanya mengalami mabuk sementara. Dia mengatakan dari titik pandang seorang dokter, gejala itu dianggap sebagai proses adaptasi otak untuk bobot.

Furukawa akan tinggal dan bekerja di stasiun ruang angkasa selama lima bulan. Ia berencana melakukan berbagai percobaan ilmiah dengan menggunakan tubuhnya sendiri.(JAY/ULF)

3. “Sex Toy” Diubah Jadi Robot Pasien

Tokyo: Sebuah Universitas di Jepang mengubah mainan berupa boneka untuk aktivitas seks menjadi robot pasien. Seperti dikutip dari akihabaranews, Jumat (1/7), robot yang sangat mirip manusia itu dinamakan Hanako.

Robot itu digunakan sebagai pasien oleh mahasisiwa kedokteran gigi Universitas Showa dalam melakukan priktek kerja pada gigi dan mulut.

Robot berparas wanita cantik itu terlihat sangat mengagumkan karena bisa menggerakan lidahnya dan mengedipkan matanya layaknya manusia. Bahkan, robot android itu juga bisa tersedak dan menggelengkan kepala ketika mahasiswa salah melakukan operasi di mulut Hanako. Boneka “pemuas” itu akhirnya dimodifikasi oleh perusahaan Orient Industry.

“Kami sedang mencari reaksi yang lebih realistis dari robot. Kami membuat pelatihan dengan robot agar mahasiswa bisa merasakan pengalaman lebih hidup ketika melakukan praktik,” ungkap Profesor Yuuji Sato, salah satu dosen di Universitas terkemuka di Jepang tersebut.(MEL)
semoga bermanfaat n dapat memacu emangat kita agar bisa maju seperti Jepang….

sumber : http://liputan6.com/

Karena sifatnya fungsi, Maple dapat melakukan proses limit. Perintah limits akan mengembalikan ekspresi simbolik (menurut filsafat pencerahan, segala sesuatu, atau setiap benda adalah simbol. Realitas simbol adalah realitas ilusif, namun di dalam realitas inilah kita hidup), dengan dua pilihan, limit dengan huruf awal yang kecil dan limit dengan huruf awal yang besar.
>Limit (f(x), x=2); memberikan jawaban pernyataan limit dalam bentuk x.
>limit (f(x), x=2); dalam nilai jawaban
>Limit (f(x), x=infinity); memberikan jawab pernyataan limit dalam x.
>limit (f(x), x=infinity); memberikan jawab nilai.
>Limit (f(x), x=-infinity); memberikan jawab pernyataan limit x mendekati minus tak hingga.
>limit (f(x), x=-infinity); memberikan jawab angka suatu fungsi dinyatakan dalam nilai.

Contoh:
1) Bukalah program Maple 9.5

2) Untuk menampilkan persamaan fungsi, ketiklah seperti di bawah ini.

3) Tekan enter akan muncul persamaan fungsi seperti berikut ini.

4) Untuk menampilkan pernyataan limit dalam x (dalam hal ini x mendekati -1), klik limit expression, kemudian ganti huruf “l” pada kata “limit” dengan huruf “L”, dan ganti %f, %x, dan %a dengan f(x), x, dan -1.

5) Tekan enter dan akan muncul pernyataan limit x mendekati -1.

6) Untuk mengetahui nilai limitnya, klik limit expression, kemudian ganti %f, %x, dan %a dengan f(x), x, dan -1. Selanjutnya tekan enter.

 

selamat mencobaaa…….

Perkembangan pertama dari astronomi matematika datang selama peradaban Mesopotamia dan Babilonia, khususnya selama Kerajaan Seleukus (ca. 320BC untuk ca. 620AD).Teknik dikembangkan untuk prediksi gerhana dan posisi dari benda-benda langit, dalam hal derajat lintang dan bujur dan diukur relatif terhadap gerak semu matahari.Tabel dihitung dan ditulis untuk referensi, berdasarkan metode aritmatika.Tabel ini yang tersedia ke Yunani, yang mengadopsi banyak unsur pendekatan yang diambil oleh orang Babel (sistem sexagesimal perhitungan tetap digunakan di kanan astronomi sampai dengan periode Modern Awal) di bidang matematika.Banyak metode Mesir dikembangkan untuk survei juga bisa diterapkan untuk masalah matematika dalam astronomi.

Di antara teknik yang dikembangkan dan diperbaiki oleh orang Yunani adalah solusi geometris masalah triangulasi, termasuk aplikasi mereka untuk tiga dimensi.Sistem didasarkan pada kombinasi dari gerakan melingkar seragam yang diusulkan untuk menjelaskan dan memprediksi gerakan benda-benda langit, Eudoxus menjadi orang pertama yang menyarankan model yang didasarkan pada rotasi bola konsentris. Model semacam ini tidak begitu akurat dalam memprediksi posisi, tapi menghasilkan jenis baru dari kurva, yang hippopede, yang menyediakan area baru penelitian untuk geometri. jenis populer lain model didasarkan pada epicycles (planet mengorbit sepanjang lintasan melingkar yang pusatnya berada pada atau di dekat bumi) atau eksentrik (planet-planet berputar mengelilingi matahari, yang pada gilirannya berputar mengelilingi bumi).Pengembangan model yang lebih kompleks dari lingkup langit diperlukan lebih perhitungan kompleks, dan geometri yang lebih canggih untuk mendukung mereka.Buku teks pada bola ditulis, mengkonsolidasikan teknik matematika untuk Ð astronomi ini adalah spherics disebut.

Matematikawan dan astronom termasuk Hipparchus mengembangkan teknik untuk pengukuran sudut, dan tabel untuk perhitungan dengan sudut tersebut. Archimedes dan Aristarkhus mempelajari rasio numerik di segitiga, dan teori canggih dan risalah pada penerapan teori-teori baru untuk astronomi diterbitkan. Teks-teks ini adalah prekursor dari trigonometri bola, yang menjadi penting untuk astronomi. Ptolemy’s Almagest diringkas dan maju teknik-teknik dan Hipparchus dan Menelaus dari Alexandria dihasilkan tabel apa yang sekarang disebut nilai dari fungsi sinus.

Pembelajaran orang-orang Yunani itu menular ke daerah Arab, yang pada gilirannya menambahkan India dan Cina teks matematika dan astronomi ke korpus karya yang tersedia.Para ulama Arab meningkat dan dikombinasikan metode yang mereka baca, astronomi prediksi menjadi pusat banyak aspek Islam.Penting kemajuan dalam teknik matematika termasuk prediksi al-Khawarizmi tentang waktu visibilitas saat bulan baru, dan perhitungan dari kiblat atau arah Mekah, di mana untuk berdoa, dari pengamatan astronomi.

Orang-orang Arab bekerja dengan sistem sexagesimal diwarisi dari Babel melalui Yunani, tetapi sering dikonversi nomor ke sistem desimal untuk perhitungan yang rumit karena lebih mudah. They called base-60 numbers the arithmetic of the astronomers. Mereka disebut base-60 angka-angka aritmetika dari para astronomi.Mereka juga memasukkan elemen-elemen dari sistem India Ð termasuk menambahkan nol dengan sistem nomor.

Thabit dan Ibrahim mengembangkan metode geometrik untuk sundials, termasuk larutan bagian kerucut dan aplikasi ini dengan pembangunan sundials. Pada akhir abad ke-10 Abu al-Wafa dan Abu Nashr Mansur membuktikan teori pesawat dan trigonometri bola dan diturunkan hukum sinus dan tangen. Tabel Sangat akurat dan teknik untuk perhitungan masalah trigonometri diproduksi. Murid Abu Nasr, al-Biruni (973-1050) menerapkan teknik ini dengan sukses besar untuk masalah geografis dan astronomi.

Orang Yunani telah mengembangkan astrolabe , tetapi orang-orang Arab menerapkan teknik-teknik baru mereka untuk perbaikan dan pengembangan Astrolabe universal yang tidak membutuhkan piring terpisah untuk setiap derajat garis lintang. Mereka menyempurnakan teknik untuk proyeksi dari bola langit ke sebuah bidang datar, dijelaskan oleh orang Yunani, dan penandaan skala dan baris untuk memungkinkan perhitungan posisi pada bola langit yang akan dilaksanakan pada permukaan yang datar.

Dari akhir abad ke-10 Eropa Barat sarjana menjadi semakin tertarik dengan tulisan-tulisan Yunani dan Arab, dan terjemahan terbuat dari teks-teks penting. Astronomi merupakan bagian dari quadrivium (aritmatika, geometri, astronomi dan musik) mata pelajaran matematika yang diajarkan kepada siswa di institusi pendidikan gereja. Dengan berdirinya universitas datang dan peningkatan studi teks-teks Yunani dan Arab, termasuk matematika astronomi. Teknik trigonometri bola dan lainnya penting teknik geometri diterapkan diteliti, dikomentari, dan digunakan untuk menghitung tabel astronomi untuk lintang Eropa Barat. Selama beberapa abad berikutnya sebagian besar bekerja pada astronomi matematika berkonsentrasi pada konsolidasi dan perbaikan teknik yang sudah ada.

Pada abad ketujuhbelas matematika itu menjadi lebih dilembagakan, dengan berarti semakin efisien komunikasi antara matematikawan dan rekan-rekan mereka. Kemajuan ini diaktifkan pada matematika untuk menjadi dikenal secara luas dan diterapkan lebih cepat. Publikasi tahun 1614 dari Makasar adalah pekerjaan John logaritma cepat diadopsi sebagai cara untuk menyederhanakan perhitungan matematis dalam astronomi, dan tabel logaritma, trigonometri dan astronomi baru diikuti. Ini termasuk Kepler Tabel Rodolphine , yang memanfaatkan besar teknik-teknik baru dan didasarkan pada orbit elips tentang matahari.  Ketepatan tabel dan teknik meningkat cepat, begitu pula dengan akurasi benda-benda langit yang dapat diamati.

Perkembangan kalkulus pada abad ketujuh belas memungkinkan perhitungan jumlah berubah dengan akurasi yang lebih besar dan kemudahan, termasuk jumlah seperti kecepatan tubuh bergerak. Perkembangan dalam representasi jumlah geometris dengan ekspresi aljabar memfasilitasi penyempurnaan lebih lanjut model astronomi.Peningkatan pemahaman kekuatan di dalam alam semesta memungkinkan perhitungan dan prediksi untuk memperhitungkan mengapa hal-hal berperilaku seperti yang mereka lakukan lebih efektif, dan membangun ini ke dalam model matematika yang digunakan untuk perhitungan.

Pengembangan teknik matematika untuk astronomi tidak berhenti pada akhir abad ketujuh belas, walaupun banyak dari dasar telah diletakkan. Pada abad berikut metode matematika yang lebih canggih dikembangkan, membangun dasar-dasar trigonometri dan kalkulus dan diterapkan pada astronomi.Prinsip-prinsip trigonometri bola mendukung perhitungan astronomi modern, meskipun perhitungan sekarang dilakukan oleh komputer daripada aturan slide.

http://www.hps.cam.ac.uk/starry/mathematics.html

 

 

 

 

 

Di dunia ini banyak tempat aneh yang belum diketahui oleh banyak orang. Keanehan tersebut bisa dilihat dari letak geografisnya, maupun karena kondisi alamnya yang tidak biasa. Nah, tempat-tempat berikut ini merupakan sepuluh tempat di bumi yang (mungkin) belum pernah anda lihat sebelumnya.

1. Kliluk, the Spotted Lake (Canada)

Ketika musim panas, air danau Spotted yang terletak di Kanada, antara Columbia Inggris dan Washington, mengering sehingga memperlihatkan isi dari danau yang mengandung berbagai jenis tambang. Danau ini disebut sebut sebagai tempat paling tinggi kandungan delapan jenis tambang di antaranya magnesium sulphate (garam Epsom), kalsium dan sodium sulphates, juga perak dan titanium. Konon, berendam di danau ini akan menyembuhkan banyak penyakit.

2. Rio Tinto (Spain)

Tempat ini sungguh menakjubkan. Landscapenya mirip keadaan di bulan. Memang indah kalau melihatnya dalam foto-foto di bawah ini, tapi sebenarnya tempat ini menyimpan kengerian tersendiri. Rio Tinto yang masuk wilayah Spanyol ini merupakan kawasan pertambangan yg maha luas meliputi gunung dan lembah sehingga terpaksa penduduk yang mendiami daerah tersebut harus dipindah ke tempat lain, sebuah kota baru dibangun untuk penduduk, tak jauh dari sana.

Kawasan pertambangan Rio Tinto itu memang sudah tidak bisa ditinggali lagi, seolah tak ada sumber kehidupan. Air yg merupakan sumber kehidupan sudah tercemar berat, berwarna kemerahan dengan tingkat keasaman yg rendah PH 1.7-2.5, padahal PH normal adalah 7. Kandungannya sarat dengan metal berat.

3. The Stone Forest (China)

Shilin dalam bahasa China adalah hutan batu. Ciptaan alam yang Indah dan mempesona. Tampak sangat mengesankan, dan artistik. Hutan batu ini dikenal sejak masa Dinasti Ming dan disebut sebagai Keajaiban Pertama di Dunia.

4. Vale da Lua (Brazil)

Vale da Lua (Moon Valley) merupakan kolam renang alami yang terbentuk karena pengikisan air. tapi sayang belum banyak informasi mengenai tempat ini.

 

5.The Richat Structure (Mauritania)

Salah satu tempat paling spektakuler di Mauritania, bagian barat daya Gurun Sahara. Sangat luas, kalau dilihat dari atas, seperti lubang raksasa yang garis tengahnya mencapai 30 mil. Diduga, lubang itu akibat meteorit yg jatuh ke bumi. Namun para ilmuwan yakin kalau hal itu terjadi karena erosi. Namun sampai sekarang belum terpecahkan, bentuknya yang berputar-putar.

 

6. Eisriesenwelt Ice Caves (Austria)

Gua batu es ini sangat luar biasa, lain dari yg lain yang terdapat di belahan dunia manapun.Ada perasaan aneh menyelip ketika masuk ke sini. Seolah kita berada di planet lain. Ada banyak goa es di seluruh dunia, tetapi Eisriesenwelt Ice Caves di Austria paling besar dan paling populer. Berada di dalam Tennengebirge Mountains, dekat Salzburg.

 

 

7. Salar de Uyuni (Bolivia)

Salar de Uyuni Bolivia barangkali salah satu tempat yang memiliki pemandangan menakjubkan di dunia.Gurun garam terbesar di dunia, gunung api tinggi, serta sumber air panas yang t erkenal. Semuanya membuat daerah ini seperti tempat aneh, seolah kita tidak berada di planet bumi.

 

8. Dry Valleys (Antartica)

Memiliki permukaan tanah yang bertabur dengan kerikil tandus, tempat ini bisa dikatakan tempat di Bumi yang paling mirip dengan planet Mars. Suatu pemandangan alam yang sangat memposona. Tempat ini terletak masih dalam Victoria Land, sebelah barat McMurdo Sound.

Hampir tidak ada hujan salju di sini. melainkan hanya beberapa batu2 curam yang hanya sedikit diselimuti es. Tanah lapang ini kelihatan bukan seperti suatu alam di bumi ini yang ada pada umumnya.

Di tempat ini juga memiliki keunikan yaitu danau yang membeku selama bertahun2 lamanya dengan ketebalan es beberapa meter. dimana dibawah es tersebut memiliki air yang memiliki kadar garam yang sangat tinggi yang dihuni oleh makhluk hidup / organisme langka dan misterius.

 

9. Blood Pond Hot Spring (Japan)

Blood Pond Hot Spring adalah salah satu dari sembilan “neraka” (jigoku) Beppu, Jepang, Sumber air panas yang berwarna merah dengan suhu yang amat sangat panas. Tinggi kandungan besinya.

 

10. Socotra Island (Indian Ocean)

Pulau yang berada di wilayah negara Yaman ini adalah pulau terpencil yang didiami sekitar 40.000 orang. Nama Socotra itu sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yang artinya “Pulau Kebahagiaan”. Banyak pohon dan tumbuhan di pulau ini termasuk dalam kategori flora endemis, yang artinya tidak akan pernah ditemukan di tempat lain di dunia selain di pulau Socotra. Bahkan ada beberapa varietas yang diprediksikan telah mencapai usia 20 juta tahun.

Beberapa alasan mengenai Pulau Socotra sehingga tidak menjadi tujuan wisata meski bentang alamnya sangat menarik :

  • Pulau Socotra adalah pulau yang memiliki iklim tropis padang pasir. Panasnya dapat mencapai 40 derajat celcius.
  • Karena Pulau Socotra adalah pulau yang dilindungi kelestariannya di sana hampir tidak dibangun jalanan. Satu-satunya jalanan yang ada di sana, baru dibangun sekitar 2 tahun lalu. itu pun dengan perjanjian yang alot antara Pemerintah Yaman dan UNESCO.
  • Agar tidak banyak turis yang datang ke Pulau Socotra dan agar kealamian dari pulau Socotra itu tetap terjaga maka jangan harap menemukan hotel atau tempat peristirahatan di sana.

Akhirnya, mungkin pulau Socotra memang bukan tujuan wisata yang tepat dan nyaman. Lagipula jauh lebih baik jika pulau ini tidak terlalu banyak dijamah oleh manusia, yang ada nanti malah habitat aslinya rusak. kita cukup mengagumi keanehan pulau ini melalui gambar-gambarnya.

 

Sumber: http://okebanget.net/2010/01/14/tempat-tempat-teraneh-di-dunia/

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!

statistik my blog

  • 1,833 pengunjung

my calendar

June 2017
M T W T F S S
« Mar    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930